PARU-PARU DAN COVID-19

Assalamualaikum, anak-anak ibu...
semoga sehat selalu ya

Kali ini kita akan melanjutkan belajar mengenai sistem ekskresi manusia. Salah satu organ yang termasuk organ ekskresi manusia adalah paru-paru.
bagaimana penampilan paru-paru kita? ada dimana sih paru-paru kita?dan masih banyak lagi pertanyaan mengayikkan yang dapat kamu pelajarimelalui browsing di internet atau buku-buku  pendamping yang ada di perpustakaan online dan offline.

Apa itu paru-paru?





Paru-paru manusia terletak dalam rongga dada yang dilindungi tulang selangka, tulang belakang, dan tulang rusuk. Paru-paru manusia terbagi dua yang terletak di kanan kiri rongga dada, yang disebut paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kiri memiliki berat sekitar 560 gram dan paru-paru kanan memiliki berat sekitar 620 gram . Jadi sekarang kamu tahu ya... paru-paru kiri lebih kecil dari paru-paru kanan. Saya pernah melihat bukti tersebut dari hasil ronsen paru bapak saya.

Paru-paru kiri terdiri dari dua gemlabir, yang disebut lobus, yaitu gelambir superior dan gelambir inferior. Sedangkan paru kanan terdiri dari 3 gelambir/ lobus yaitu lobus atas (lobus superior), lobus medius (lobus tengah) dan lobus inferior (lobus bawah). Paru-paru kiri dan paru-paru kananmu dipisahkan organ jantung dan pembuluh darah lainnya.

Masing-masing lobus memiliki bagian lebih kecil yang diseut lobulus. Setiap lobulus memiliki bronkiolous dan bercabang menjadi alveolus.

Tidak hanya kamu saja yang perlu diselimuti, rupanya paru-parumu juga memiliki selimut yang disebut pleura. Pleura dipisahkan oleh sebuah rongga yang disebut Covum pleura, yang memudahkan paru-paru dapat mengembang dan mengempis
Didalam pleura juga ada cairan yang berfungsi sebagai pelumas selaput pleura, untuk mencegah kerusakan pleura   terjadi terjadi gesekan.

Nah, setelah mengetahui bagaimana paru-parumu, rawatlah dengan baik sesuai dengan kondisi dan kesehatan tubuhmu.

Lalu apa hubungan paru-paru sebagai organ ekskresi? baiklah... seperti kita ketahui saat kita bernapas kita menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dan uap air bukan?
demikianlah... paru-paru bekerja maksimal untuk tubuh kita. selayaknya kita sebagai pemakai berterimakasih pada Gusti Allah sebagai bentuk  dapat di wujudkan dengan memiliki paru-paru sehat.



Sebagai tugas di masa pandemi covid-19.... untuk anak ibu kelas 8E dan 8D dapat menjawab pertanyaan berikut:

Jelaskan cara kerja paru-paru dan bagaimana hubungannya dengan covid 19?

Komentar