GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI


Gelombang adalah suatu gangguan atau usikan yang merambat melalui suatu ruangan dan disertai dengan pemindahan nergi dan momentum.

Energi yang dipindahkan dapat berupa energi kinetik dan energi potensial. Tentu kamu sudah memahami peredaan kedua energi yang dipindahkan ini bukan?

satu contoh, ketika kita ayunan, tali ayunan akan bergerak bolak-balik yang menyebabkan ayunan dapat bergerak ke posisi paling bawah (posisi awal),  hal ini bisa dikatakan tali ayunan memiliki energi potensial paling kecil atau dianggap nol. Sedangkan tali ayunan yang bergerak bolak balik (berupa rapatan dan regangan) searah dengan arah gelombang yang merambat disebut gelombang longitudinal.

ketika kita mengamati seekor angsa yang sedang bermain di air, permukaan danau akan membentuk gelombang longitudinal. gelombang ini akan bergerak kontinu menjauhi kaki angsa sebagai sumber usikan. 

Bagaimana dengan suara manusia?

Suara merupakan salah satu bentuk energi yang berasal dari gelombang-gelombang yang dihasilkan oleh getaran suatu benda.

Suara manusia dihasilkan oleh pita suara.

Gelombang Suara

Sumber suara yang sedang bergetar mengirimkan usikan melalui medium di sekitarnya dalam bentuk gelombang longitudinal dan pada frekuensi gelombang suara identik dengan frekuensi sumber bunyi.

Batas frekuensi yang dapat didengar manusia normal 20 hingga 20.000 getaran/detik. Kita tidak mampu mendengar frekuensi suara di bawah 20 getaran tiapdetik (suara infrasonik) maupun frekuensi suara di atas 20.000 getaran tiap detik (suara ultrasonik)


Gelombang suara akan sampai ke telinga kita dengan medium yang berbeda-beda, tetapi sebagian besar suara ditransmisikan melalui udara.
Udara merupakan medium perambatan suara relatif buruk dibandingkan  dengan zat padat dan zat cair. Karenanya, oramg Indian Amerika seringkali menempelkan telinga mereka ke tanah  untukmendengarkan suara yang tidak dapat didengar melalui udara. 


bagaimana dengan teman-teman yang sedang berteriak sekeras-kerasnya?

Kelajuan suara di udara tergantung kondisi angin, temperatur, dan kelembaba. Jadi laju suara ini akan bergerak sesuai dengan keadaan saat teman-teman berteriak. 
jika kita berteriak di dekat air, suara kita 4 kali lebih cepat di bandingkan sudara dalam udara. 
Apabila teman-teman berteriak maksimal dalam ruangan, apalagi ruangan yang dilapisi baja, suara akan lebih besar 15 kali besarnya dibanding dalam udara.

Nah... demikian sekelumit tulisan tentang gelombang bunyi dan suara ya...
 semoga bermanfaat dan menjadi satu sarana amal jariah buat saya

Komentar